3 Tujuan dan Fungsi Desain Logo yang Membuatnya Penting Bagi Perusahaan

Hai para Pejuang Merdeka! Kali ini kita akan membahas tujuan utama dari logo perusahaan. Nah, sudah diketahui kan kalau desain logo perusahaan menjadi bagian utama dalam mengembangkan perusahaan, sebab logo akan menjadi sebuah identitas dari perusahaan. Selain itu, logo juga akan menjelaskan secara singkat mengenai perusahaan dan meningkatkan citra profesional dalam pekerjaan. Hal ini biasa di sebut dengan corporate identity atau branding.

 

Ketika sebuah perusahaan memiliki logo, maka perusahaan tersebut akan mendapat tempat tersendiri dibanding perusahaan yang tidak ada logo. Oleh karena itu, membuat desain logo tidak boleh asal-asalan harus unik, simple, dan menarik minat masyarakat untuk ingin tahu.

 

Bukan hanya itu, hal penting lain yang perlu kita ketahui adalah logo harus efisien dan sesuai dengan kegunaannya. Bagaimanapun, membuat desain logo harus memiliki tujuan karena itulah manfaat logo bagi perusahaan.

 

Tujuan dan Fungsi Membuat Desain Logo

Ketika ingin membuat sebuah logo, maka kita para Pejuang harus mengetahui fungsi dari logo tersebut. Jadi tujuan dari membuat logo akan lebih terperinci.

 

Fungsi Membuat Desain Logo

Desain logo memiliki fungsi sangat penting untuk kelangsungan dari perusahaan atau brand serta salah satu faktor dalam meraih kesuksesan. Hal ini dikarenakan logo menjadi salah satu strategi marketing yang sangat penting dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat, sehingga bisa menjadi ikonik dan familiar di pikiran audiensnya. Nggak percaya? Coba simak seberapa familiar para pejuang dengan kalimat ini? “I’m lovin it”, “semakin di depan”, “jagonya ayam”

 

Para Sobat Pejuang bisa melihat fungsi logo dari banyak brand sekarang, dimana mereka memasang iklan berupa logo dari perusahaan masing-masing. Walaupun banyak perusahaan memiliki logo, tetapi semuanya memiliki ciri  khas sendiri dan membuat berbeda antara satu dengan lainnya.

 

Coba kita perhatikan, brand-brand retail terkenal yang ada di sekeliling kita memiliki logo yang bisa digunakan di banyak media. kesimpulannya adalah, bikin desain logo nggak boleh asal.. ada yang namanya media placement yang nantinya merupakan efisiensi dari keperluan marketing itu sendiri.

 

Ketika membuat sebuah logo, pastikan semua fungsinya bisa berjalan dengan baik, terutama sebelum di hak patenkan karena akan memakan biaya cukup besar. Meskipun logo memiliki fungsi sangat penting bagi kelangsungan perusahaan, sebaiknya desainnya tidak terlalu berlebihan kesan sederhana tetap harus lebih menonjol.

 

Karena kesan sederhana pada sebuah logo akan memberi kesan profesional kepada pemilik logo tersebut. Jadi kita para Pejuang Merdeka harus lebih fokus kepada keunikan dari logo dan informasi yang terkandung bisa disampaikan dengan baik kepada masyarakat.

 

 

 

Tujuan Membuat Desain Logo

Setelah mengetahui fungsi dari sebuah logo, maka para kita bisa menarik garis besar mengenai tujuan dari logo. Berikut tujuan dalam membuat desain logo perusahaan.

 

  1. Marketing

Seperti yang sudah dibicarakan sebelumnya, bahwa tujuan utama dari sebuah logo adalah sebagai salah satu proses branding dan strategi marketing. Dimana logo menjadi bentuk penggambaran maupun identitas dari perusahaan, sehingga logo tersebut akan menjadi citra dari perusahaan.

  1. Menarik Perhatian

Sebagai salah satu strategi marketing, tentunya logo harus bisa menarik perhatian dari konsumen, sehingga menimbulkan rasa ingin tahu mengenai perusahaan. Logo bukanlah gambar yang di lihat dan dilupakan begitu saja, tetapi logo harus bisa di ingat oleh konsumennya. Ingat, Logo yang baik sifatnya Timeless, alias tak lekang oleh waktu.

  1. Trend

Persaingan semakin ketat dalam dunia industri, semua perusahaan telah melakukan penjualan dengan baik, kualitas baik, dan pelayanan sama-sama baik. Selanjutnya yang akan menentukan adalah logo atau biasa lebih akrab dengan brand.

 

Oleh karena itu, logo sebaiknya dibuat dengan sederhana, tetapi memiliki karakteristik khusus dibandingkan dengan logo perusahaan pesaingnya. Jadi, untuk membuat desain sebuah logo, sebaiknya menggunakan tenaga ahli, konsultan, atau agency, sehingga mendapat manfaat-manfaat yang maksimal yang akan di bahas pada artikel berikutnya.

 

Salam hangat dan sukses selalu. Sekali Branding Tetap Merdeka!!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply