5 Cara Mudah Belajar Desain Grafis Bagi Pemula

Ingin menjadi desainer grafis yang mampu menghasilkan karya fenomenal? Atau memiliki pekerjaan mapan yang memberikan kehidupan layak? Menjadi seorang ahli desain mungkin bisa menjadi pilihan. Sobat Pejuang Merdeka pun bisa belajar secara otodidak tanpa harus belajar di pendidikan formal. Toh, sudah banyak media yang mengulas tutorial belajar desain bagi para pemula (5 Cara Mudah Belajar Desain Grafis Bagi Pemula) asal memiliki niat kuat.

 

5 Cara Mudah Memulai Belajar Desain Grafis

Untuk memudahkan langkah belajar, simak beberapa cara ini ya sobat.

 

  1. Mengetahui vector dan bitmap

Dalam ilmu desain grafis, ada dua komponen utama yang wajib diketahui para pemula yaitu perbedaan Vector dan Bitmap. Aplikasi vector seperti CorelDraw atau Adobe Illustrator paling cocok digunakan untuk mendesain logo, ilustrasi dan sejenisnya. Sedangkan Bitmap biasa menggunakan aplikasi photoshop untuk mendesain gambar atau foto. Keduanya memiliki perbedaan yakni Vector menghasilkan desain yang normal bila diperbesar tidak akan pecah, sedangkan Bitmap akan terlihat blur atau pecah. Menguasai keduanya bisa membuat kalian menjadi seorang spesialis desain masa depan yang berkualitas. Yang penting coba dulu sobat.

 

  1. Mempelajari perpaduan warna

Seorang desainer grafis harus mengenal detail warna dan tahu betul perpaduan yang tepat. Setidaknya dia memiliki sense of art yang tinggi terkait memadukan warna yang bagus. Sobat Pejuang Merdeka bisa mencari berbagai informasi dari internet atau media lain terkait pengertian warna, perbedaan warna hingga cara mengombinasikan warna. Nah, contoh website itu misalnya ada di kuler.adobe.com

Perpaduan yang pas akan memberikan nilai estetika yang mempengaruhi psikologi orang lain. Kemampuan ini akan membuat desain kalian memiliki nuansa unik dan menarik minat calon pelanggan.

 

  1. Mempelajari aplikasi desain grafis

Sebenarnya mudah sekali jika ingin belajar ilmu desain grafis secara otodidak tanpa bantuan orang lain. Kemudahan internet membuat segalanya yang tidak mungkin menjadi nyata. Asal kalian mau membaca teori dan mempraktekkan ilmu tersebut. Ada beberapa aplikasi desain yang paling terkenal bisa digunakan sebagai media belajar. Aplikasi paling sederhana adalah paint yang mungkin sudah kalian kuasai sejak kecil.

Aplikasi favorit dalam mempraktekkan ilmu desain grafis adalah Adobe Photoshop, CorelDraw dan Adobe Illustrator. Bagi Pejuang Merdeka yang benar-benar ingin menjadi ahli desain, sebaiknya pilih ranah mana yang akan menjadi spesialis kita dalam mendesain. Adobe Photoshop untuk ranah foto dan digital imaging, Adobe Illustrator dan Corel untuk ranah Logo dan Vector, Adobe Indesign untuk ranah editorial seperti buku dan majalah. Aplikasi tersebut memang cukup mahal bagi pemula, nah alternatifnya ada GIMP yang gratis untuk dicoba. Jangan lupa sobat, desain itu adalah masalah komunikasi, persepsi, dan selera. Jadi sebisa mungkin sering seringlah melihat trend desain yang diminati pasar saat ini ya.

 

  1. Belajar mandiri dari tutorial di internet

Mungkin Sobat Merdeka sedikit kesulitan mempelajari teknik atau ilmu desain berdasarkan teori yang banyak diulas di situs populer. Alangkah baiknya sering melihat video tutorial desain grafis agar lebih memahami teori yang diberikan. Bukankah praktek langsung bisa memberikan gambaran lebih jelas dibandingkan teori semata?

Sebagai rekomendasi terbaik, kalian bisa mengunjungi beberapa situs belajar desain yang paling banyak diminati seperti Youtube. Bisa pula mengunjungi Design Tutsplus atau Ilmu Grafis yang merupakan situs lokal asli negeri tercinta.

 

  1. Belajar mencari inspirasi

Kunci sukses seorang desainer grafis adalah kualitas desain yang dihasilkan. Tidak hanya soal kemampuan mendesain yang bagus saja namun dibutuhkan pemahaman konsep yang berwawasan luas. Cara efektif agar daya imajinasi terus produktif adalah perbanyak mencari inspirasi. Sobat Pejuang Merdeka bisa mempelajari desain yang dihasilkan oleh orang lain agar tercipta ide-ide baru.

 

 

Cara cara di atas bisa dijadikan inspirasi belajar ilmu grafika secara mandiri. Selama ada niat belajar dan konsisten mengaplikasikan ilmu yang didapat, kitapun akan memiliki keterampilan desain yang mumpuni. Selagi ada kesempatan, tak ada salahnya mencoba, bukan?

 

Salam hangat dan sukses selalu.
Merdeka Studio – Sekali Branding Tetap Merdeka

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply