6 Strategi Khusus dalam Menjalankan Bisnis Online

 

Tahukah Sobat Merdeka bahwa Strategi yang baik dalam ranah bisnis online merupakan kunci utama dalam menjalankan sebuah usaha? Dari proses produksi hingga pemasaran suatu produk, bisnis memerlukan strategi khusus agar produk yang kita miliki laku di pasaran. Melihat hal tersebut, pembentukan strategi sangat diperlukan dalam menjalankan sebuah bisnis secara online. Sebenarnya tidak hanya bisnis online saja yang membutuhkan strategi tetapi bisnis offline juga sangat memerlukannya.

 

Kesuksesan bisnis secara nyata juga dipengaruhi oleh teknik pemasaran yang dilakukan. Secara tidak langsung marketing ini juga masuk ke dalam strategi bisnis sehingga penting sekali untuk memikirkan secara matang dalam membuat strategi. Nah, ini berarti kita para Pejuang Merdeka harus mengetahui bahwa ada strategi khusus dalam menjalankan bisnis online. Pemilihan strategi khusus ini sangat membantu untuk melebarkan sayap di dunia bisnis jenis apapun.

 

Berbagai Macam Strategi Jitu Dalam Menjalankan Bisnis Online

Saat ini, model strategi bisnis yang ada lebih maju dari zaman dulu karena didukung oleh adanya teknologi informasi yang semakin maju dan terbaru. Adanya teknologi yang semakin canggih dapat mendukung suksesnya kegiatan bisnis secara online.

Berikut ini merupakan langkah pembuatan strateginya.

 

 

  1. Buat Dulu Konsep Bisnis Plan yang Matang

Perencanaan bisa meliputi pencapaian dan cara untuk mendapatkan target tersebut. Buat dan jabarkan saja dulu model bisnis yang akan kita bangun, coba telusuri potensinya, dari geografi hingga demografi, analisis SWOTnya (Materi tentang SWOT akan dibahas di artikel lainnya). Nantinya Sobat Pejuang Merdeka juga harus memikirkan planning B ketika target belum terpenuhi. Mengantisipasi beberapa kendala yang akan terjadi juga harus direncanakan dengan baik agar bisnis tetap kuat dalam keadaan apapun.

 

  1. Memilih produk

Produk adalah hal yang utama dalam sebuah bisnis jual beli, kalau produk yang dipilih bagus dan berpotensi maka dapat menguntungkan. Harus cermat dalam memilih sebuah produk unggul sehingga mampu bersaing didunia pasar. Kalau salah memilih produk maka, tidak akan sukses bisnis onlinenya karena kemungkinan besar tidak ada yang ingin membeli produk tersebut. Kita bisa melakukan riset terlebih dahulu mengenai produk yang sesuai dengan selera pasar, dan sesuai juga dengan keinginan kita dalam membuat sebuah bisnis.

 

  1. Memperhatikan kualitas produk

Kualitas produk sangat penting, walau harga di atas rata rata, tetapi jika kualitasnya sangat bagus maka pelanggan tidak segan-segan untuk memberikan feedback positif, bahkan membayar lebih kepada kita. Harga dan kualitas produk harus seimbang agar pelanggan lebih tertarik pada produk yang dijual.

 

  1. Membuat nama brand yang menarik perhatian pelanggan

Nama brand dalam menjalankan bisnis online akan selalu diingat oleh para pelanggan. Pilih nama yang paling bagus dan unik untuk mewakili produk yang dijual. Buat nama yang sesuai target pasar. Pasar Premium tentunya akan senang dengan nama nama yang terkesan mewah, berbeda dengan pasar merakyat yang senang dengan nama nama nyeleneh dan terkesan heboh.

 

  1. Mempersiapkan toko online

Melakukan usaha online bukan berarti tidak membuka toko. Sekarang ada media sosial, website, bahkan ada marketplace dapat dijadikan untuk membuka toko online. Putuskan untuk membuka toko online dimana bisa kita lakukan terlebih dahulu di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. Selain karena murah dan mudah, relasi terdekat kita juga bisa menjadi salah satu sumber market kita.

Lebih bagus lagi kalau toko online dibuka melalui website. keberadaan website toko online ini akan semakin memudahkan karena proses pemilihan barang hingga pengiriman bisa dilakukan secara otomatis semuanya di website, tetapi toko online yang dibangun harus jelas, intinya nama toko, asal pengusaha, pelayanan dan jaminan transaksi harus dijelaskan semuanya agar pelanggan percaya dengan tokonya.

 

  1. Jurus promosi

Menjalankan bisnis memang tidak lepas dari jurus atau strategi promosi, Sobat Pejuang Merdeka harus melakukan hal ini di manapun. Mulai dari promosi online, offline, membagikan brosur, iklan dan lainnya bisa dilakukan dengan mudah jika sudah mengikuti dari awal artikel artikel kami.

 

Itulah beberapa ulasan strategi yang cukup jitu dalam bisnis online. Lakukan apa yang ada dalam ulasan diatas maka kesuksesan akan semakin mudah kita raih. Tetap semangat & konsisten, Sobat!

 

Salam hangat & sukses selalu
Merdeka Studio – Sekali Branding Tetap Merdeka

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply