Bangunlah Bangsa Dimulai Dengan Character Building

Kadang sering sekali mendengar istilah “character building” dalam keseharian. Entah di sekolah, ataupun di materi kuliah. Apa itu character building? Mengapa istilah tersebut sangat lekat dalam keseharian? Berikut kita ulas apa itu character building dan hal yang berkaitan dengannya.

Dilihat dari segi bahasa, Character Building memiliki makna “karakter” ( Character) dan membangun ( to build). Dalam penjabaran makna luas, membangun berarti juga menumbuhkan sifat membina, memperbaiki dan mendirikan. Sedangkan pengertian watak adalah, suatu karakter, budi pekerti, tabiat, akhlak yang berbeda tiap orang. Pada umumnya watak adalah kepribadian yang tidak bisa diubah dari seseorang.

Membangun karakter juga berarti membangun sifat, akhlak, tabiat, watak, sehingga mempengaruhinya dalam perbuatan yang baik yang berlandaskan pula pada nilai- nilai pancasila. Pengertian tersebut dalam konteks pendidikan ( Modul Diklat LAN RI ). Apabila terbentuk sebuah karakter yang baik, maka akan dapat pula membangun generasi dan bangsa yang baik dan berkualitas.

Character building membawa banyak manfaat banyak dalam kehidupan. Contoh manfaat yang dapat dirasakan adalah sebagai berikut.

  1. Pribadi

Menelisik kembali makna sesungguhnya dari apa itu character building . Banyak sekali hal yang bisa didapat karenanya. Orang yang dapat membangun karakter dengan baik tak hanya membangun membentuk kepribadian dirinya sendiri. Namun juga dapat membentuk kepribadian orang lain.

Seseorang yang berbahagia secara pribadi pasti akan mampu membahagiakan orang lain. Jadi, bentuklah karakter diri sendiri dahulu, sebelum berusaha membentuk karakter orang lain. Orang yang berhasil membentuk karakter pasti akan menemukan kebahagiaan spriritual, hingga bekerja hanyalah dianggap sebagai pengabain, buka beban dan tuntutan.

  1. Masyarakat sekitar

Manfaat tak hanya dapat dirasakan oleh pribadi, namun juga akan menyebar ke sekitar. Orang yang mempunyai energi positif pasti akan dirasakan oleh sekitarnya juga. Energi positif dihasilkan dari pikiran positif dan bersikap yang positif pula. Orang yang berkarakter bagus, akan mempunyai nilai moral yang tinggi. Sehingga menjunjung tinggi nilai dan norma di masyarakat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply