Bisa Desain Grafis? 7 Peluang Kerja Ini Terbuka Lebar untuk Kamu Loh

 

Halo Pejuang Merdeka yang saat ini sedang bergelut dalam bidang desain, kalian harus, wajib, dan kudu membaca artikel ini sampai selesai. Kenapa? Langsung saja cek deh biar lebih jelas.

Dewasa ini, kebutuhan digital tak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia modern. Salah satu ilmu yang paling diminati banyak kalangan adalah desain grafis. Bahkan, desain grafis saat ini telah diajarkan pada bangku sekolah menengah atau SMK hingga pendidikan tinggi. Seseorang yang ahli desain tentu akan mendapatkan kemudahan mencari pekerjaan maupun membuka lapangan kerja sesuai keterampilan.

 

7 Peluang Kerja Desain Grafis

Bagi para Pejuang Merdeka yang ingin mempelajari ilmu desain, 7 peluang kerja berikut bisa menjadi pilihan.

 

  1. Biro iklan (Advertising Agency)

Bagi kalian yang mahir desain grafis, coba lirak lirik untuk bekerja di perusahaan multinasional advertising agency. Biasanya bekerja di tempat ini akan mendapatkan tawaran gaji yang lumayan. Selain itu, kalian juga dituntut memiliki interpersonal skill yang mumpuni serta mampu bekerja dalam tekanan dengan kerja sama tim yang baik.

 

  1. Studio desain (Creative Studio)

Kalian adalah tipe orang yang tidak suka tampil formal maka bisa bekerja di Studio desain. Proyek yang ditangani biasanya pembuatan pesanan terkait katalog, poster, brosur, undangan dan lain-lain. Meski terkesan santai, bekerja di Studio desain harus memiliki kreativitas dan tanggung jawab yang tinggi.

 

  1. Branding agency

Ahli desain grafis bisa pula bekerja di branding agency yang bakal mendapatkan penawaran gaji tinggi. Para Sobat Pejuang bakal membuat desain logo klien, stationery kit dan lain-lain. Tak hanya pandai mendesain logo saja atau konsep pemahaman branding, kalian juga harus pandai membuat strategi pemasaran yang kuat. Jadi, kalian tertarik bekerja di perusahaan branding agency?

 

  1. Percetakan

Keuntungan memiliki kemampuan mumpuni desain adalah bisa bekerja di tempat mana saja. Tak hanya di kota besar, kota kecil pun memiliki banyak percetakan. Di sini, para Pejuang Merdeka akan merancang desain pesanan konsumen seperti brosur, undangan dan lain-lain. Tak hanya mampu membuat desain menggunakan media komputer, kalian juga bakal bisa mengoperasikan mesin cetak digital.

 

  1. Media massa

Bagi Pejuang Merdeka yang memiliki semangat kerja tinggi, kreativitas dan mampu bekerja sesuai deadline, bekerja di media massa bisa menjadi pilihan. Toh, media massa telah berkembang dari cetak ke online atau digital yang membutuhkan jasa desain grafis berkualitas.

Sistem kejar tayang yang diterapkan tentu membutuhkan kemampuan desain yang cepat. Meski mungkin sering lembur, keuntungan bekerja di media massa adalah suasana kantor yang lebih santai. Tak harus tampil formal setiap pergi bekerja, bukan? Gaji yang ditawarkan di media massa ternama biasanya cukup tinggi.

 

  1. Penerbit

Di Indonesia, banyak sekali penerbit besar atau indie pun membutuhkan jasa desain grafis yang berkualitas. Bagi pecinta buku atau membaca teks panjang, bekerja di penerbit bisa menjadi solusi jitu. Menata layout lembar per lembar tulisan dalam buku dan merancang cover bisa mendatangkan kebahagiaan tersendiri untuk para Pejuang Merdeka yang menyukai dunia literasi.

 

  1. Perusahaan umum

Dunia kreatif tidak hanya sebatas bekerja di tempat yang berkaitan dengan tulisan dan gambar saja. Perusahaan umum seperti bank, otomotif dan lain-lain juga tetap membutuhkan jasa seorang ahli desain sebagai inhouse designer untuk membuat desain media promosi. Bahkan, instansi pemerintah pun membutuhkan jasa desain grafis berkualitas untuk membuat media penyuluhan atau sosialisasi tertentu.

 

 

Begitu banyaknya pilihan pekerjaan bisa dimanfaatkan sobat Pejuang Merdeka yang ingin getol belajar ilmu desain. Tak harus full time, banyak pihak menawarkan pekerjaan part time desain grafis. Prospek masa depan yang cerah membuat bidang ini semakin diminati. Mau di mana aja bekerja, selama kalian menerapkan profesionalitas maka perkembangan karir bakal melesat kilat.

 

Salam Hangat dan sukses selalu.
Merdeka Studio – Sekali Branding Tetap Merdeka

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply