Bisnis Gagal Terus? Yuk Cari Tau Dulu 5 Alasan Pentingnya Branding Produk Sebelum Berbisnis

 

Sobat Pejuang Merdeka pasti pernah memiliki pengalaman membeli produk makanan yang enak namun tidak memiliki label? Ya, hal ini sering terjadi pada usaha kecil yang mampu menyajikan panganan enak namun tidak memiliki label nama atau secuil informasi pun. Biasanya produk yang dijual pun dikemas dalam plastik atau wadah kecil. Sungguh sangat disayangkan jika produk yang bagus tidak memiliki strategi pemasaran yang baik. Itulah mengapa branding sangat penting menunjang kualitas dan penjualan produk.

 

 

5 Alasan Mengapa Identitas Merek Itu Penting

Di luar sana, mungkin ada banyak orang yang memiliki ide dan produk yang sama seperti kita. Tentu pelanggan bakal bingung membedakan mana produk A dan produk B jika tidak memiliki brand yang menjual. Itulah kenapa brand wajib sekali diperhitungkan agar konsumen mengenal dan memakai produk yang kalian tawarkan dibandingkan produk kompetitor.

Secara spesifik, berikut 5 alasan yang wajib calon pengusaha ketahui mengenai pentingnya identitas produk.

 

  1. Memberikan identitas pada produk

Seperti pentingnya sebuah identitas pada diri sendiri, brand juga menjadi tanda pengenal sebuah produk atau layanan. Hal ini sebagai pembeda antara produk yang kita tawarkan dengan produk milik kompetitor. Aspek penting mengenai brand sebagai identitas terlihat dari nama, kemasan hingga adanya logo yang menjadi ciri khas. Pastikan kita memilih desain logo yang unik dan terkenang di benak pelanggan bahkan sejak awal launching.

 

  1. Memberikan nilai produk

Membangun sebuah brand produk tentu tidak mudah, sebab kita harus memikirkan betul metode branding yang sesuai. Brand bisa memberikan nilai produk yang akan dikenal masyarakat luas. Penyampaian nilai produk yang sesuai dengan brand akan memikat hati calon pelanggan.

 

  1. Menjalin komunikasi positif dengan pelanggan

Kelebihan penggunaan brand pada sebuah produk sangat banyak seperti nilai sebuah produk, poin keunggulan yang dimiliki, keunikan dan berbagai aspek lain. Tak mengherankan jika branding yang tepat akan mendapatkan review yang bagus pula. Para pengusaha muda akan bisa menjalin komunikasi yang baik dengan calon pelanggan dalam perkembangan produk ke depannya. Testimoni yang diberikan pun akan mempengaruhi pengembangan produk yang lebih baik nantinya.

 

  1. Membangun kepercayaan pelanggan

Sebuah usaha akan sukses jika mampu mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Kredibilitas yang dimiliki produk kita pun tak perlu lagi dipertanyakan. Masyarakat yang telah jatuh hati dan percaya pada produk kita, tidak akan mudah berpaling ke lain hati. Kredibilitas yang bagus akan membangun persepsi pelanggan yang sama baiknya. Namun, meski telah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan, Sobat Pejuang Merdeka tidak boleh cepat merasa puas. Harus selalu ada inovasi terbaru agar kredibilitas terus tergenggam dengan baik.

 

  1. Rekomendasi produk dari pelanggan atau referral

Kualitas produk yang mumpuni dan didukung branding yang tepat akan membuahkan hasil yang luar biasa. Tak mengherankan jika akan ada peningkatan penjualan produk ke depannya. Pelanggan yang telah percaya sepenuh hati pun tak akan menyesal memberikan testimoni pada orang lain untuk memakai produk kalian. Proses referensi dari konsumen ini sangat bagus untuk perkembangan usaha kita. Namun, jangan lupa untuk tetap melakukan strategi pemasaran yang bagus agar target omzet bisa didapatkan dengan mudah. Menarik, bukan?

 

Beberapa alasan pentingnya branding pada produk tertentu tersebut bisa kita jadikan referensi terbaik. Pikirkan secara matang membangun brand yang baik termasuk memilih logo, tagline dan konsep packaging yang unik. Memiliki kualitas produk dan brand yang bagus akan membuat tingkat kepercayaan diri naik. Nah, sudahkah Anda mempertimbangkan branding produk atau jasa usaha kali ini? Selamat Mencoba.

 

Salam hangat dan sukses selalu.
Merdeka Studio – Sekali Branding Tetap Merdeka

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply