Dahsyatnya Logo bagi Usaha

Logo adalah aspek penting dari bisnis pemasaran. Sebagai representasi grafis utama bisnis, desain logo yang baik menjangkari brand bisnis Anda dan menjadi satu-satunya manifestasi paling nyata dari bisnis dalam target market. Untuk alasan ini, logo yang dirancang dengan baik merupakan bagian penting dari strategi pemasaran secara keseluruhan setiap bisnis.

Tujuan
Logo sebuah brand dimaksudkan untuk menjadi “wajah” dari sebuah bisnis. Mereka adalah perwujudan tampilan grafis dari keunikan identitas sebuah usaha. Melalui warna, font dan gambar, Desain Logo yang baik memberikan informasi penting tentang perusahaan yang memungkinkan pelanggan untuk mengidentifikasi dengan merek inti dari sebuah bisnis. Logo juga merupakan cara singkat untuk mengacu pada usaha Anda dalam sebuah iklan dan marketing, logo juga menyediakan titik pondasi untuk berbagai font, warna dan pilihan desain di semua materi pemasaran bisnis lainnya.

Prinsip Desain
Desain logo yang baik harus unik dan dipahami calon pelanggan Anda. Meskipun ada pilihan segudang untuk warna, elemen visual dan tipografi, pada umumnya logo akan membantu menyampaikan beberapa informasi tentang usaha Anda, atau dirancang dengan memberikan makna usaha maupun industri Anda. Sebagai contoh, perusahaan mutakhir dan perusahaan teknologi cenderung memiliki logo menyudut untuk menyampaikan kecepatan, sementara perusahaan berorientasi layanan memiliki logo yang cenderung rounded untuk menyediakan sense dari sebuah pelayanan dan rasa kepercayaan.

Brand Identity
Logo adalah Jendral dari komponen identitas visual sebuah brand secara keseluruhan. Logo muncul pada alat tulis, website, kartu nama dan iklan. Untuk itu, sebuah logo yang dirancang dengan baik dapat memberikan kontribusi bagi keberhasilan bisnis, sementara logo standar dapat menyiratkan keamatiran dan mematikan calon pelanggan. Namun, logo harus berpadu dengan baik dengan aspek lain dari representasi visual atau elemen grafis dari bisnis Anda. Tidak ada logo yang meskipun didesain dengan baik, dapat terlihat baik pula saat dikelilingi oleh elemen grafis bertentangan atau font tidak konsisten. Inilah sebabnya mengapa logo adalah unit dasar dari sebuah identitas brand yang lebih besar mencakup corporate font, warna dan pedoman dokumen-desain.

Return on Investment
Sebagai konsumen yang tumbuh untuk mengetahui, menyukai dan mempercayai brand tertentu, mereka lebih cenderung untuk merespon secara positif pertemuan berturut-turut dengan logo – berpotensi menyebabkan kenaikan penjualan atau peningkatan mind share dalam target market. Selain itu, desain logo yang baik menyiratkan tingkat profesionalisme dan kompetensi yang dapat membantu mengarahkan calon klien dalam memilih bisnis yang dituju daripada kompetitor yang tidak memiliki logo atau logo dengan kualitas di bawah standar.

Kesalahan Umum
Usaha Kecil dan Menengah sering bermain cepat dan terkesan tidak peduli dengan sebuah logo, tidak terlalu mementingkan ukuran standar untuk mereka dan seringkali berkutat dengan material material berupa clipart yang bersifat instan. UKM juga menghindari hal hal yang menciptakan kembali logo yang telah mereka desain untuk tujuan tertentu (misalnya, kop surat dan kartu nama) atau memiliki versi yang “sama-tapi-tidak-sama” untuk tujuan cetak dan online.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply