Ingin Buat Logo Menarik? Hindari Kesalahan Ini Dalam Pembuatan Logo

 

Logo dibuat dari ide seseorang, sehingga bila orang yang membuat logo memiliki ide terbatas maka dapat berpengaruh pada hasil logonya. Kadang dalam pembuatan logo juga terdapat kesalahan, misalkan hampir mirip dengan logo milik brand lain. Hal ini kadang dirasa cukup memalukan, walaupun ide itu sifatnya kolektif dalam alam bawah sadar setiap orang, tetapi sebaiknya sobat Pejuang menghindari hal tersebut. Akan lebih baik jika sering berkonsultasi pada para pemilik layanan jasa desain logo.

Pastikan logo milik kita cukup layak untuk dipublikasi dan tidak sama dengan logo lainnya. Semua ide, konsep, warna, dan unsur lainnya harus dipertimbangkan secara seksama agar dapat menghasilkan hasil yang terbaik. Jasa desain logo yang baik pastinya mampu membantu Sobat Pejuang Merdeka dalam pembuatan logo yang memiliki karakteristik berbeda.

 

Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Pembuatan Desain Logo

Hasil pembuatan logo yang kurang menarik ternyata dipengaruhi oleh beberapa permasalahan. Kesalahan tersebut kadang dirasa cukup fatal, setelah membaca artikel ini, sebisa mungkin kita harus meminimalisir faktor faktor tersebut agar tidak membuat kesalahan lagi dalam pembuatan suatu logo.

Coba sobat simak beberapa kesalahan dalam pembuatan logo yang harus dihindari ini.

 

  1. Raster

Mendesain logo juga harus dengan berbagai macam aplikasi. Jangan terpacu pada aplikasi Photoshop saja karena logo itu harus terlihat scalable, dapat diperbesar pada ukuran berapapun. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan suatu software vector seperti corel Corel Draw & Illustrator. Gunakan software ini sesuai fungsinya, semisal photoshop tentu fungsi utamanya adalah untuk pengolahan foto atau digital imaging, biasanya hasil dari photoshop berupa raster, jadi kurang tepat jika digunakan untuk membuat logo .

Perlu diingat kembali bahwa ukuran logo juga harus di perhatikan, perbesaran maupun pengecilannya harus diatur karena hal tersebut mempengaruhi kualitas logo nantinya.

 

  1. Gambar logo rumit

Buat apa membuat logo dengan desain rumit namun orang tidak mengetahui artinya? Sebaiknya para Sobat Pejuang menghindari membuat logo yang rumit. Buat saja logo sederhana tetapi desainnya bisa membuat orang semakin penasaran. Meski sederhana logo tersebut tetap terlihat berkesan sekali. Bukankah semakin simpel dan khas, logo semakin mudah diingat? Apalagi dengan nama brand yang “nyeleneh” (misal ayam tabok, atau sate genderuwo)..

 

  1. Tipografi

Saat membuat logo, perhatikan juga tipografi. Mempertimbangkan tipografi berarti mempertimbangkan tata cara penggunaan huruf pada logo tersebut, baik pada logotype maupun tagline logo. Para Pembuat desain logo yang professional biasanya mempertimbangkan berbagai hal diantaranya yaitu ukuran font, ketebalan font, spasi, dan kata yang akan digunakan. Semua hal tersebut dipertimbangkan secara khusus agar tidak menjadi kesalahan yang fatal. Dalam urusan tipografi ini kita sebagai pembuat desain logo harus mengenal karakteristik usaha dari pelanggan. Nggak mungkin juga dong huruf yang cocok dipakai untuk makanan dengan kelas segmen menengah ke bawah, kita pakai untuk tipografi bisnis properti. Gimana menurutmu Sobat?

 

  1. Clipart pasaran

Para pemilik layanan jasa desain logo umumnya sangat jarang menggunakan clipart yang berada di internet, jika kedapatan ada, biasanya itu merupakan permintaan khusus dari klien atau pelanggannya. Sebagai Pejuang Merdeka, membuat logo juga harus menghindari memakai clipart tersebut. lebih baik menciptakan karya sendiri agar hasilnya berbeda dan tidak terlihat pasaran. Pikirkan tentang kualitas logo, memang menggambar sendiri sangat sulit namun memiliki kepuasan dan kebanggaan sendiri.

 

  1. Tidak jelas

Hindari membuat logo yang tidak jelas, misalkan gambar yang dibuat garisnya lebih samar (Kecuali pada permintaan pembuatan logo yang sifatnya abstrak untuk kalangan tertentu). Tentu saja hal ini sangat mengganggu, bahkan biasanya orang yang melihat sama sekali tidak tertarik untuk membukanya. Jika Sobat Merdeka pernah membuat logo seperti ini, maka sebaiknya dibuat dari awal lagi. Jangan takut untuk mencoba sampai bisa ya sobat.

 

 

Nah, Merdeka Studio sebagai salah satu pemilik layanan Jasa Desain Logo sudah memberikan informasi ini kepada Sobat Pejuang sekalian. Semua informasi di atas harus diperhatikan karena penting sekali sebagai bahan pertimbangan. Usahakan untuk membuat karya logo sendiri yang menampilkan gambar sederhana namun tampil memuaskan.

 

Belajar membuat logo semakin mudah dengan memperhatikan tujuan membuat logo. Sebagai Pejuang Merdeka, sebaiknya kita tahu akan hal tersebut. Lakukan saja secara pelan tapi pasti sehingga logo yang dibuat bisa jadi bagus. Selamat mencoba ya guys.

 

Salam hangat & sukses selalu
Merdeka Studio – Sekali Branding Tetap Merdeka

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply