Ingin Memiliki Desain Logo Terbaik? Ayo Simak 7 Tipsnya

 

Desain logo menjadi bagian penting bagi brand suatu bisnis. Selain sebagai identitas, logo mempengaruhi strategi marketing. Logo akan memudahkan orang mengingat brand milik kita,  Sobat Merdeka. Jadi, pastikan untuk tidak asal-asalan dalam membuatnya.

Pada dasarnya logo akan memiliki potensi untuk lebih terkenal dibandingkan dengan nama usaha lewat simbolnya, bahkan logo bisa menjadi trend fashion. Jika ingin memiliki desain logo terbaik, ikutilah 7 tipsnya.

 

 

Tips Membuat Desain Logo Terbaik ala Merdeka Studio

 

 

  1. Mulailah dari sketsa

Sketsa adalah langkah awal paling penting dalam membuat desain logo, maka sediakan waktu lebih banyak untuk membuat sketsa. Buatlah 10 – 30 sketsa sederhana, selanjutnya kita bisa kembangkan menjadi lebih inovatif, sehingga menghasilkan logo terbaik.

 

  1. Balancing (keseimbangan)

Pada dasarnya otak manusia secara alami menerima sesuatu yang berhubungan dengan keseimbangan, sehingga membuatnya terlihat menarik. Oleh karena itu, buatlah desain logo dengan keseimbangan antara bentuk, warna, dan ukuran setiap bagian.

 

  1. Size (ukuran)

Ukuran sangatlah penting, dimana pesan harus bisa tersampaikan dengan baik meski ukurannya di perbesar ataupun di perkecil. Bagaimanapun logo akan menjadi media marketing paling ampuh, sehingga harus bisa diletakkan di mana saja tetapi makna di dalamnya tetap tersampaikan.

 

  1. Pilihan warna

Pemilihan warna untuk desain logo terbilang sangat kompleks, namun warna bisa menjadi salah satu kelebihan dari eksistensi logo. Berikut aturan dasar dalam pemilihan warna logo:

  1. Warna harus terlihat dekat antara satu bagian dengan bagian lain, misalkan bagian pallete memakai warna hangat, maka bisa menggunakan warna orange, kuning, dan merah menjadi satu. Buat pilihan warna yang sifatnya komplementer
  2. Hindari warna terlalu terang dan mengganggu penglihatan, misalnya hijau stabilo, dikombinasikan dengan pink atau kuning
  3. Pesan logo harus tetap sampai meskipun dalam warna hitam putih.
  4. Aturan yang ada bisa ditabrak jika alasannya tepat. Misal cokelat dengan kuning meskipun tidak komplementer namun masih menarik untuk dipadukan pada brand brand tertentu dengan alasan tertentu, misalnya brand konstruksi.

Warna tidak hanya mempercantik logo, tetapi setiap warna memiliki arti dan akan menjadi cermin dari perusahaan. Jika Sobat Pejuang Merdeka melakukan kombinasi warna dan mendapat satu warna berbeda, maka akan jauh lebih baik.

 

  1. Karakter desain

Karakter sebuah desain harus disesuaikan dengan target pasar, sehingga perusahaan bisa terlihat profesional. Maka dari itu, jangan sampai menggunakan karakter dewasa bila produk atau jasa ditujukan kepada anak-anak. Sementara di Indonesia, trend desain flat desain menjadi topik yang cukup hangat, dimana desain logo sederhana tetapi terlihat menarik.

 

  1. Typography

Ketika membuat logo harus terdapat teks atau tipografi untuk tempat nama dari usaha itu sendiri. Jadi pastikan kita memilah font terbaik ketika membuat logo. Gunakan semua jenis font yang ada dengan mempertimbangkan hal berikut:

  1. Pastikan font tetap bisa di baca dengan baik saat ukurannya diperkecil, terlebih untuk jenis script.
  2. Hindari font umum digunakan, bila digunakan desain logo akan di anggap amatir
  3. Maksimal terdiri dari 3 font dalam satu logo. Umumnya 1 font. Jika terdapat tagline menjadi 2 font.
  4. Lebih baik menggunakan custom font atau memodifikasi sendiri font yang sudah ada, sehingga logotype menjadi original dan terlihat lebih profesional.

 

7. Poin utama

Membuat sebuah logo pada dasarnya ditujukan agar sebuah usaha lebih mudah di kenal masyarakat, sehingga mereka bisa menerima secara instan. Cara mengetestnya dengan membalikkan logo atau mirror, bila logo masih bisa dikenali dengan baik berarti poin utama terpenuhi.

Oleh karena itu, pastikan desain logo Sobat Pejuang Merdeka dapat dikenali dengan mudah dari sudut pandang manapun, barulah meminta pendapat dari tenaga ahli.

 

 

Itulah 7 tips untuk membuat desain logo terbaik, sebab logo akan menjadi identitas bisnis kita, serta memberi pengaruh pada strategi marketing. Semakin baik logo, maka semakin mudah masyarakat mengenal dan mengingat sebuah brand.

 

Salam hangat & sukses selalu
Merdeka Studio – Sekali Branding Tetap Merdeka

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply