Masih Ragu Belajar Desain Grafis, Ketahui 7 Keuntungan Menjadi Desainer Berikut Ini

 

Desain grafis adalah salah satu cabang ilmu yang menyampaikan pesan melalui visual baik dalam bentuk tulisan dan gambar. Di era digital, kebutuhan masyarakat terkait desain meningkat drastis dibanding satu dasawarsa silam. Kini, jual beli online menggunakan media internet mendominasi, bahkan mematikan pasar retail. Nah, ini jelas menjadi peluang bisnis yang sangat bagus bukan?

Sobat Pejuang Merdeka yang memiliki minat dan bakat di bidang desain ini, bisa belajar lebih detail lagi. Toh, ada banyak keuntungan menjadi seorang ahli desain berikut ini.

 

  1. Mampu mengekspresikan diri

Memiliki kecakapan dalam membuat desain sebenarnya sederhana saja, kalian bisa mengekspresikan diri dengan membuat desain yang sesuai keinginan. Misalnya membuat iklan yang menyindir kondisi zaman sekarang dan sebagainya. Selain bisa memaksimalkan produktifitas, bekerja menjadi seorang desainer akan mendatangkan income yang menggiurkan. Bagi Pejuang Merdeka yang masih sekolah atau kuliah, memiliki uang saku tambahan tentu sangat menguntungkan, bukan?

 

  1. Pilihan bekerja yang variatif

Kalau memiliki kemampuan desain grafis yang mumpuni, pilihan bekerja pun semakin beragam. Ada banyak lapangan pekerjaan seperti bekerja di instansi umum, perusahaan besar, media massa, percetakan, penerbit dan lain sebagainya. Tak hanya full time, ada banyak pula pekerjaan yang bisa dikerjakan secara part time. Setidaknya bagi mahasiswa yang ingin memaksimalkan waktu senggang, bisa mencoba bekerja part time.

 

  1. Modal yang minim

Memiliki software desain bisa menjadi media yang menghasilkan pundi rupiah seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Belajar desain secara otodidak atau mengikuti kursus tertentu bisa membantu memaksimalkan potensi diri. Hal yang paling dibutuhkan adalah kreatifitas. Sebaiknya rajin belajar dan mencari referensi dari media di internet termasuk belajar pada desain grafis yang berpengalaman.

 

  1. Stabilitas pekerjaan yang bagus

Ada banyak orang yang merasa ketar-ketir dengan perkembangan pasar. Mekanisme pasar cenderung memaksa seseorang yang nyaman bekerja di satu bidang tiba-tiba kehilangan pekerjaannya. Hal ini wajar mengingat era globalisasi dan digitalisasi terus berkembang. Nah, salah satu pekerjaan yang terus menunjukkan keseimbangan adalah desain grafis. Banyaknya iklan dan promosi di internet membuat perusahaan membutuhkan ahli desain membantu meningkatkan pemasaran produk atau jasa mereka. Selama ada kegiatan usaha, maka pekerjaan desain ataupun branding akan tetap dibutuhkan.

 

  1. Sistem pemasaran yang mudah

Kelebihan seorang desainer yang hendak menawarkan jasa adalah kemudahan marketing lewat online. Tak harus bertemu nyata, klien akan memesan via online. Semua konsultasi pemesanan hingga pembayaran komisi pun bisa dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka. Mudah sekali, bukan?

 

  1. Memiliki jaringan yang luas

Mengerjakan pesanan klien bisa membuat nama sobat Merdeka dikenal luas. Asal mematok harga yang sesuai kualitas pesanan, bisa jadi sobat akan memiliki klien tetap. Repeat order pun bakal terus berdatangan dan menjanjikan perkembangan jasa desain kalian. Pasalnya, testimonial klien bakal berpengaruh pada peningkatan pesanan klien lain nanti. Apalagi jika kualitas desain yang dihasilkan mampu meningkatkan penjualan produk atau jasa klien.

 

  1. Memiliki studio sendiri

Siapa sih yang tidak suka memiliki studio desain grafis sendiri? Tak hanya soal memburu pekerjaan namun menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain. Para ahli desain grafis tentu berharap bisa memiliki studio desain sendiri untuk memaksimalkan potensi dan berkarya lebih produktif lagi.

 

 

Beberapa keuntungan menjadi ahli desain grafis di atas bisa menjadi referensi pilihan bagi Sobat Pejuang Merdeka yang masih ragu belajar di dunia Desain Komunikasi dan Visual. Memiliki kemampuan yang bagus bisa pula mendukung usaha yang dimiliki. Hal ini lebih menguntungkan. Bayangkan jika Sobat Merdeka saat ini memiliki kemampuan desaingrafis, tentulah banyak pekerjaan yang bisa digeluti. Salah satunya membuka jasa desain logo. Tingginya minat usaha UKM belakangan ini juga membuat perusahaan dengan layanan jasa desain logo turut naik. Tak hanya itu, satu pekerjaan desain logo pun biasanya memiliki potensi income yang cukup menggiurkan. Nah, Masih kurang yakin belajar desain?

 

Salam Hangat dan sukses selalu.
Merdeka Studio – Sekali Branding Tetap Merdeka

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply