Ragam Email Marketing

Email marketing Adalah salah pintu masuk bagi calong pelanggan Anda sebelum membeli produk Anda. Selain itu, email marketing dapat membantu untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan Anda. Hubungan baik yang terjalin, bisa membuat pelanggan Anda membeli produk Anda secara berulang-ulang. Pertanyaanya bagaiamana memulai untuk melakukan strategi email marketing ? jawabanya ialah dengan mengenali jenis-jenis email marketing agar cara promosi Anda tepat. Berikut ini 6 jenis email marekting yang harus Anda tahu.

NEWSLETTER

Sebelum memutuskan untuk menggunakan newsletter dalam strategi pemasaran Anda, Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan Anda. Apa yang  menjadi tujuan utama Anda dalam email newsletter. Contohnya : Anda membuat newsletter agar semakin banyak orang membeli produk  Anda dan brand Anda semakin terkenal. Email jenis ini memiliki 3 keunggulan dalam melakukan pemasaran.

Pertama, Dengan isi yang informatif membuat email Anda dinilai positif oleh pelanggan Anda. Kedua, Anda bisa membuat orang mengujungi blog Atau website toko online Anda dari link newsletter yang Anda buat. Ketiga, Dengan newsletter Anda bisa memberikan informasi terbaru mengenai bisnis Anda misalnya diskon, pengumuman, survei dll. Kelemahanya, email jenis ini jauh lebih rumit dalam pembuatan desain emailnya agar sesuai dengan tujuan Anda.

 

DIGEST EMAIL

Digest email jenis ini berisi kumpulan link populer dari Artikel atau produk toko online. Email jenis ini sering digunakan oleh agen kontes. Cotohnya : Saya bergabung di salah satu kontes desain logo di sebuah website, setiap minggu website tersebut mengirimkan saya email tentang kontes yang sedang berjalan pada website tersebut.

 

EMAIL KHUSUS

Email jenis ini juga dikenal sebagai email yang berdiri sendiri, karena hanya mengandung satu informasi tertentu dan menggunakan alamat email yang berbeda. Misalnya, Anda bisa mengirimkan email undangan untuk bergabung di grup facebook BELAJAR INBOUND MARKETING dengan menggunakan email pribadi Anda. Keunggulan email jenis ini, pertama meningkatkan jumlah orang yang di ajak untuk bergabung dalam sebuah promosi karena hanya satu penawaran. Kedua, mudah di ukur hasil dari email marketing yang Anda buat. Kelemahanya tidak adanya jadwal teratur dan perbedaan alamat email pengirim membuat orang enggan untuk membuka email.

 

EMAIL UNTUK LEADS ATAU FOLLOW-UP

Email ini merupakan serangkaian email yang dikirimkan ke pelanggan dengan konten yang informatif. Email jenis ini memiliki manfaat untuk menjaga agar pelanggan email Anda setia. Keunggulan email jenis ini, sangat dinantikan oleh pelanggan Anda karena didalamnya terdapat informasi yang pelanggan Anda butuhkan. kelemahan bila tidak di segmentasi bisa membuat pelanggan Anda lari.

Misalnya Anda pemilik sebuah website tantang pengusaha internet. Kemudian ada seseorang yang memberikan kontak emailnya untuk mendownload e-book Tentang email marekting. Artinya orang ini suka dengan email marketing, kemudian karena website Anda menyajikan informasi seputar pengusaha internet tentu ada materi motivasi. Bila Anda mengirimkan materi motivasi kepada orang yang hanya tertarik denganemail marketing bisa jadi orang itu akan berhenti untuk menerima email yang Anda kirimkan.

 

SPONSORSHIP EMAIL

Jika Anda ingin menjangkau khalayak yang sama sekali baru dan menghasilkan calon pelanggan baru, Anda mungkin ingin mencoba email sponsorship. Dalam email sponsorship, Anda membayar untuk dimasukkan salinan dalam newsletter vendor lain. Keuntungan terbesar dari email sponsorship adalah bahwa mereka sangat ditargetkan, memungkinkan Anda untuk lebih spesifik dalam menentukan segmen yang ingin Anda jangkau. kelemahanya Anda harus membayar untuk mengirimkan email jenis ini.

 

EMAIL TRANSAKSIONAL

Email transaksional adalah pesan yang bisa dipicu oleh tindakan tertentu  telah diambil, yang memungkinkan mereka untuk menyelesaikan tindakan itu. Misalnya, jika Anda mendaftar untuk webinar, Anda akan mengisi formulir dan kemudian menerima transaksional (terima kasih) email yang menyediakan Anda dengan informasi login agar bisa bergabung. Email transaksional juga pesan yang Anda terima dari toko online seperti Yubistore yang mengkonfirmasi pesanan Anda dan memberikan informasi pengiriman dan rincian lainnya.

Keuntungan terbesar dari email transaksional meningkatkan jumlah pageview. Sayangnya, salah satu kelemahan email transaksional adalah bahwa mereka dapat menjadi penghalang untuk menjadi pelanggan Anda. Kadang-kadang orang akan pergi setelah menekan tombol beli, karena harus menjadi anggota untuk berbelanja. Tetapi Anda bisa menyiasatinya dengan membuat pilihan untuk langsung belanja, Contohnya Yubistore, Anda bisa langsung belanja tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu.

Anda tertarik untuk menggunakan email jenis Apa ? Saya sarankan untuk menggunakan jenis newsletter, karena email jenis efektif untuk meningkatkan penjualan. -Yukbisnis-

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply