Branding, UMKM & Startup

6 Desain Kemasan Produk yang Wajib Diketahui

contoh desain kemasan produk

Desain Kemasan Produk Bisa Bikin Produk Tambah Laris

Desain kemasan produk terbilang sebagai salah satu elemen paling penting yang akan mempengaruhi bisnis yang sedang Anda jalani. Konsumen akan menilai kualitas dari produk yang Anda miliki dari kemasannya. Pemilihan kemasan produk unik harus menjadi hal yang paling Anda perhatikan saat ini.

Apa itu Desain Kemasan Produk?

Menurut pakar Klimchuck and Krasovec, desain kemasan adalah bisnis kreatif yang mengkaitkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi, dan elemen- elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarakan.

contoh jenis kemasan produk3 Jenis Kemasan

kemasan dapat dibagi menjadi tiga tingkatan jenis bahan sesuai dengan kebutuhan pemgemasan produk, yaitu :

1. Kemasan Dasar (Primary Package)
Adalah bungkus langsung dari suatu produk, seperti contoh botol.

2. Kemasan Tambahan (Secondary Package)
adalah bahan yang melindungi kemasan dasar dan dibuang bila produk
tersebut akan digunakan, seperti contoh kotak karton.

3. Kemasan Pengiriman (Shipping Package)
adalah setiap kemasan yang diperlukan waktu penyimpanan,
pengangkutan, dan identifikasi.

sumber : Kotler

Sekarang ini, sebagian besar orang akan cenderung lebih memilih hal yang praktis dan ekonomis. Sama halnya ketika membeli suatu produk.

Kemasan produk makanan tersebut harus memiliki kemasan yang mudah dibawa, tahan lama dan praktis. Membuat kemasan dan desainnya saat ini menjadi wajib.

contoh desain kemasan produk6 Desain Kemasan Produk Kekinian untuk Usaha

Di era sekarang ini, menjual produk berkualitas saja belum cukup, jika produk yang dijual hanya menggunakan kemasan yang seadanya.

Selain menurunkan nilai jual, desain kemasan yang tidak sesuai juga akan menurunkan kualitas produk. Pilihlah jasa desain kemasan produk yang berpengalaman biar tidak salah dalam branding.

Misalnya saja jika Anda menjual produk makanan dan salah dalam memilih gaya desain kemasan produk untuk minuman, ini akan fatal.

Pada akhirnya hal ini mempengaruhi image dan pada akhirnya berimbas pada kualitas dan rasa dari makanan yang Anda jual.

Maka hal tersebut sudah pasti akan menurunkan nilai jualan Anda. Cek tentang contoh-contoh desain kemasan produk yang umum dipakai dibawah ini.

6 Jenis dan Contoh Desain Kemasan Produk yang sesuai untuk segala macam produk jualan:

1. Contoh Desain Produk Berbentuk Oven

oven desain kemasan produkSalah satu ide desain untuk kemasan yang kreatif dan kekinian adalah desain berbentuk oven.

Pastinya ide ini cukup unik dan menarik sehingga sangat pas untuk digunakan di era sekarang yang tidak hanya cukup dengan menjual produk berkualitas bagus saja.

Namun kemasan juga menjadi salah satu faktor penting yang mendapatkan perhatian.

Desain satu ini sangat cocok untuk digunakan mengemas kue seperti sponge cake, butter cake, chiffon cake dan masih banyak jenis kue lainnya.

Kemasan ini akan memberikan kesan premium yang menunjukkan jika konsumen membeli kue ala rumahan atau homemade.

Jasa desain kemasan produk bersama Merdekastudio akan menjadi partner desain kemasan terbaik untuk produk anda.

Untuk ukuran, kemasan ini biasanya memiliki ukuran sedang bahkan cenderung kecil. Sehingga cocok untuk digunakan sebagai kemasan kuliner yang memang bentuknya kecil.

Misalnya kue yang dijual satuan untuk meningkatkan tampilan kue tersebut. Agar kue tidak hanya terlihat cantik, imut dan lucu namun juga memberikan kesan premium.

2. Desain Kemasan Produk Kreatif Flat Bottom Pouch

Berikutnya ada kemasan dengan desain flat bottom pouch, kemasan ini sebenarnya sudah lama ada dan banyak digunakan untuk mengemas minuman seperti susu dan jus. Sehingga Anda pastinya sering melihat desain kemasan ini di toko swalayan.

flat bottom pouchNamun seiring berjalannya waktu, kemasan Flat Bottom Pouch pun mulai mengalami modifikasi dan hadir dengan desain yang lebih multifungsi serta kekinian.

Dulu kemasan ini biasanya menggunakan dua bahan yang dikombinasikan. Yakni alumunium foil di dalamnya dan menggunakan bahan karton di bagian luarnya.

Sehingga kemasan ini lebih sering digunakan sebagai kemasan minuman langsung konsumsi yang akan membuat minuman tersebut awet dalam waktu lama.

Kini Flat Bottom Pouch hadir dengan berbagai desain, bahan dan ukuran. Sehingga tidak lagi bisa digunakan sebagai kemasan minuman. Namun juga bisa untuk kemasan makanan ringan, kopi hingga snack makanan hewan peliharaan.

Bahan-bahannya pun cukup beragam yakni ada yang menggunakan plastik, alumunium dan karton. Bingung? hubungi jasa desain kemasan produk terbaik dari Merdekastudio.

3. Desain Kemasan Produk Simple Berbahan Plastik

Untuk desain kemasan produk yang paling simple dan mudah untuk Anda temukan sudah pasti adalah kemasan berbahan plastik. Kemasan ini hadir dengan banyak jenis, desain hingga bentuk.

desain kemasan produk dari plastikMulai dari bentuk cup untuk makanan dan minuman cepat saji, es krim hingga produk kecantikan.

Kemasan ini sendiri paling simple dan mudah untuk Anda customisasi sesuai dengan kebutuhan.

Biasanya kemasan ini digunakan oleh para pengusaha kuliner sebagai kemasan take away.

Namun belakangan banyak juga yang menggunakan kemasan ini sebagai wadah utama untuk produk jualan mereka.

Karena dinilai lebih praktis dan ekonomis Anda bisa langsung membuang bekas kemasannya setelah makan atau minum.

Sangat praktis dan tidak perlu menyediakan alat makan seperti piring atau gelas yang terbilang lebih mahal. Serta tak perlu repot mencucinya.

4. Contoh Desain Kemasan Produk Cartoon Box

Berikutnya ada desain kemasan yang menggunakan bahan karton dan biasanya memiliki desain kotak. Sehingga kemasan ini lebih dikenal dengan nama cartoon box. Kemasan ini juga tak kalah simple dan ekomonis bagi para pelaku usaha UMKM.

Bahkan kemasan ini dianggap jauh lebih baik daripada kemasan plastik karena terbuat dari bahan yang lebih aman untuk makanan dan minuman.

Kemasan produk ini lebih ramah lingkungan karena bisa didaur ulang. Berbeda dengan kemasan plastik yang proses daur ulangnya terbilang cukup susah.

Dari segi harga, kemasan ini memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kemasan plastik.

Namun cartoon box lebih multifungsi karena tidak hanya bisa digunakan untuk membungkus makanan dan sebagai alas makan sekaligus.

Kemasan produk ini bisa digunakan untuk membungkus berbagai macam jenis produk jualan, seperti kosmetik, fashion item hingga berbagai macam produk komersil lainnya.

Dari segi desain kemasan, kemasan ini juga terbilang lebih kekinian dibandingkan dengan kemasan plastik.

Bahkan cartoon box polosan saja sudah bisa meningkatkan nilai jual suatu produk makanan. Apalagi jika Anda mengcustomnya sesuai dengan perusahaan atau bisnis Anda.

5. Desain Produk Kemasan Paper Coffee Cup

desain paper coffee cupBelakangan kopi menjadi salah satu minuman favorit bagi banyak orang. Sehingga mulai bermunculan juga kedai kedai atau kafe kopi yang menyediakan menu kopi dengan berbagai inovasi.

Jika dulu kopi hanya dinikmati di rumah oleh bapak-bapak. Namun kini anak-anak muda baik pria maupun wanita suka menghabiskan waktu di cafe untuk menikmati secangkir kopi.

Karena kebutuhan ini, maka munculah kemasan produk paper coffee cup yang memang diperuntukkan sebagai kemasan kopi.

Biasanya bahan paper ini digunakan untuk kopi panas karena bahannya memang bisa tahan panas.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengemas kopi yang dibawa pulang atau take away.

Beberapa kedai atau coffee shop kini bahkan lebih memilih untuk menggunakan kemasan paper coffee cup ini di kedai mereka.

Sehingga mereka tidak perlu menyediakan gelas yang harganya lebih mahal dan juga memiliki resiko pecah atau rusak.

Selain itu, pemilih kedai pastinya tak perlu mencuci gelas sehingga penggunaan paper coffee cup akan menjadi jauh lebih ekonomis.

Di samping itu, kemasan produk ini harganya yang lebih murah sehingga menjadi salah satu pertimbangan bagi pelaku usaha UMKM untuk lebih menggunakan kemasan ini.

Ditambah lagi paper coffee cup juga memiliki desain kemasan produk yang lebih menarik dan kekinian.

6. Desain Kemasan Produk Makanan Standing Pouch

Terakhir ada desain kemasan makanan standing pouch yang memang sangat praktis dan sering sekali dijadikan sebagai kemasan untuk membungkus produk makanan, misalnya seperti makanan ringan atau camilan berupa keripik, frozen food, kopi hingga makanan siap saji.

standing pouch for foodDesainnya yang menarik dan warna warni membuat standing pouch menjadi salah satu desain kemasan yang paling banyak digunakan.

Bahkan para pelaku bisnis UMKM juga sudah mulai menggunakan desain kemasan ini.

Karena selain menarik, desain ini juga aman digunakan untuk berbagai macam produk makanan.

Baik makanan cepat saji yang bisa langsung disantap maupun makanan setengah jadi seperti frozen food.

Kemasan ini juga bisa menjaga produk makanan awet dan tahan dalam beberapa waktu.

Selain itu, desainnya yang praktis karena mudah dibuka dan ditutup juga membuat kemasan ini terbilang lebih ekonimis.

Meski dari segi harga, kemasan standing pouch ini lebih mahal dibandingkan dengan desain kemasan yang lainnya.

Namun karena mampu menyimpanan makanan dalam jangka waktu lama dan aman digunakan maka membuat banyak pengusaha bisnis kuliner, mulai dari bisnis makananan berskala besar hingga bisnis berskala UMKM dan rumahan, memilih kemasan produk ini sebagai pilihan kemasannya.

Merdekastudio.com Partner terbaik jasa desain kemasan produk untuk UMKM dan Corporate.